Catering Aqiqah Tenggarong | 082152499935



CATERING AQIQAH TENGGARONG

CATERINGKUKAR selain menyediakan paket catering prasmanan, nasi kotak, nasi tumpeng, snack kotak, dan nasi bento, kami juga menyediakan catering aqiqah untuk wilayah Tenggarong. Sebagaimana disunnahkan oleh Rasulullah SAW, bahwa setiap bayi yang lahir agar disembelihkan kambing untuk aqiqah, dan dagingnya dianjurkan agar diberikan dalam kondisi sudah menjadi masakan.
Memasak daging kambing memang tidak mudah, dan tidak semua orang bisa untuk mengolahnya menjadi masakan yang enak, mengingat dagingnya yang bau khas prengus. Oleh karena itu, Catering Kukar memberikan solusi bagi acara aqiqah anda, kami menyediakan pilihan paket catering aqiqah, mulai dari penyediaan hewan aqiqah, penyembelihan, pemasakan, sampai dengan paket nasi box sebagai pelengkapnya.
 Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai penggadaian (penebus) seorang bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits. Kemudian ada ulama yang menjelaskan bahwa akikah sebagai penebus adalah artinya akikah itu akan menjadikan terlepasnya kekangan jin yang mengiringi semua bayi sejak lahir.
Akikah berarti menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran seseorang anak. Menurut bahasa, akikah berarti pemotongan. Hukumnya sunah muakkadah bagi mereka yang mampu, bahkan sebagian ulama menyatakan wajib.
Jumlah hewan aqiqah minimal adalah satu ekor baik untuk laki-laki ataupun untuk perempuan, sebagaimana perkataan Ibnu Abbas ra: “Sesungguh-nya Nabi SAW mengaqiqahi Hasan dan Husain satu domba satu domba.” (Hadits shahih riwayat Abu Dawud dan Ibnu Al Jarud).
Namun yang lebih utama adalah 2 ekor untuk anak laki-laki dan 1 ekor untuk anak perempuan berdasarkan hadits-hadits berikut ini:
Ummu Kurz Al Ka’biyyah berkata, yang artinya: “Nabi SAW memerintahkan agar dsembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua ekor domba dan dari anak perempuan satu ekor.” (Hadits sanadnya shahih riwayat Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan)
Dari Aisyah ra berkata, yang artinya: “Nabi SAW memerintahkan mereka agar disembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor.” (Shahih riwayat At Tirmidzi)
Dianjurkan agar dagingnya diberikan dalam kondisi sudah dimasak. Hadits Aisyah ra., “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi)
Daging aqiqah diberikan kepada tetangga dan fakir miskin juga bisa diberikan kepada orang non-muslim. Apalagi jika hal itu dimaksudkan untuk menarik simpatinya dan dalam rangka dakwah. Dalilnya adalah firman Allah, “Mereka memberi makan orang miskin, anak yatim, dan tawanan, dengan perasaan senang”. (QS. Al-Insan : 8). Menurut Ibn Qudâmah, tawanan pada saat itu adalah orang-orang kafir. Namun demikian, keluarga juga boleh memakan sebagiannya.



Masakan Olahan Kambing Aqiqah

  
Untuk membantu memudahkan kaum muslimin yang ingin meng-akikah-kan anaknya, kami menyediakan paket aqiqah lengkap. InsyaAllah proses penyembelihan hewan kami sesuai dengan syariat Islam. Kami menawarkan paket aqiqah dengan berbagai pilihan sesuai dengan budget Anda. Menu masakan daging juga bervariasi, ada sate, rabeg, gulai, dan sop.




Nasi Box Aqiqah




Info Pemesanan Hubungi Kami :

 0821 5249 9935